APAKAH GURU SETUJU DIGULIRKANNYA PERATURAN HARI SABTU DAN MINGGU LIBUR SEKOLAH

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapan anda berada...
barikut adalah informasi terbaru mengenai wacana kemendikbud untuk meliburkan aktivitas sekolah pada hari sabtu, jadi dalam seminggu akan ada dua hari libur yakni sabtu dan minggu,
terkait dengan ini apakah guru sendiri keberatan ataukah akan mendukung.....


Saat berkunjung ke Kantor Malang Post (Jawa Pos Group), Minggu (4/9), Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan gagasan hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur sekolah nasional.

Wacana tersebut mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Salah satunya Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM. 

Namun Zubaidah mewanti-wanti jika wacana tersebut diberlakukan, harus memperhatikan kebiasaan yang telah diterapkan di masing-masing daerah. 

Selama ini, kata dia, hari Sabtu dimanfaatkan oleh guru untuk mengadakan rapat evaluasi dan koordinasi. Sedangkan oleh siswa, hari Sabtu dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler.

“Intinya kami (Dinas Pendidikan) menyambut baik apa yang menjadi wacana dan kebijakan menteri. Tinggal bagaimana penyesuaiannya saja, dengan kebijakan atau kebiasaan yang sudah diberlakukan di masing-masing daerah,” bebernya kepada Malang Post.
Muhadjir beralasan, libur hari Sabtu dan Minggu dapat memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menikmati waktu berkumpul bersama keluarga. 

Sekaligus juga menjadi ajang siswa mengembangkan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi. 
Wacana soal libur hari Sabtu dan Minggu, kata Muhadjir, merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter. 

Mantan rektor UMM itu menjelaskan, materi akan dimampatkan di hari Senin hingga Jumat, sehingga Sabtu dan Minggu bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain. 
Bahkan juga bisa digunakan untuk refreshing keluarga, dengan memanfaatkan libur dua hari. 

“Pendidikan karakter tidak membuat siswa belajar seharian. Ada jam untuk melaksanakan kegiatan menyenangkan, seperti pengembangan minat dan bakat, mengaji atau membaca buku fiksi,” terangnya. 

Muhadjir menjelaskan, aktivitas menyenangkan itu tergantung dari konsep yang digagas masing-masing sekolah.
Zubaidah menjelaskan, Kota Malang sebenarnya tidak asing dengan konsep tersebut. 
Selama ini sebagian besar sekolah memberlakukan jam belajar mengajar, semenjak pagi hingga sore hari. 

“Ada beberapa sekolah yang pulang jam dua siang, ada juga yang jam lima sore,” terangnya. 
Apabila wacana libur hari Sabtu dan Minggu mulai diberlakukan, maka sekolah perlu menggeser rapat koordinasi dan evaluasi, antara guru dan siswa di antara hari Senin hingga Jumat. 


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan...
semoga bermafaat, silahkan baca berita terbaru guru DISINI
loading...

4 Responses to "APAKAH GURU SETUJU DIGULIRKANNYA PERATURAN HARI SABTU DAN MINGGU LIBUR SEKOLAH "

  1. Saya seorang pengawasa sekolah di kab. Sukoharjo Jawa Tengah. Apa yang digulirkan oleh Bapak menteri saya sangat setuju. Pendidikan adalah tanggung jawab Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Nah, inilah saatnya keluarga dan masyarakat berperan membentuk karakter anak di lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain itu, mayoritas kerja orang tua 5 hari, maka tepat bila anak juga bisa berkumpul dengan keluarga setidaknya 2 hari. Jadi 5 hari didik guru di sekolah, 2 hari dididik di lingkungan keluarga dan masyarakat.

    BalasHapus
  2. Coba saja ana dari masa pk harto sampai sby,belum mengalami,yg ana kasihan TPA,kapan kebagian waktu ya?

    BalasHapus
  3. Ana sih setuju saja tapi gimana ya TPA kapan kebagian waktunya?:-)

    BalasHapus
  4. sangat baik,,, biar anak anak banyak waktu bersama keluarganya

    BalasHapus