NILAI MINIMAL SERTIFIKASI GURU NAIK DRASTIS MENJADI 80, GURU HARUS BELAJAR KERAS KALAU MAU LULUS

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat siang dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia...
mari simak informasi terbaru infokemendikbud.com berikut ini tentang nilai minimal sertifikasi yang naik drastis menjadi 80 , sehingga guru belajar keras agar dapat lulus.....



Kalau dilihat nilai kelulusan sertifikasi pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) memang makin berat. Para guru di Palopo mulai bersiap. Mereka belajar dengan baik dan lebih keras lagi. Biar tidak kesulitan di PLPG.

Sebelum dan setelah 30 Desember 2005, lalu, Kota Palopo telah mengusulkan gurunya untuk ikut sertifikasi PLPG. Mereka diharapkan bisa lulus dan diangkat sebagai guru sertifikasi bulan ini.

Dalam surat edaran ke dinas pendidikan Kota Palopo, kemendikbud merinci kuota yang disiapkan untuk guru sertifikasi. Peserta sertifikasi guru yang ditetapakan pada tahun 2016 adalah guru yang diangkat sebelum 30 Desember 2005. Kuota secara nasional berjumlah 53.883 orang, guru yang diangkat setelah 30 Desember 2005 dan memiliki nilai UKG di atas 55 kuotanya 15.376 orang yang dirangking berdasarkan nilai UKG.

Berapa dari Kota Palopo? Diusul untuk lulus sertifikasi PLPG asal Palopo sebanyak 117 orang. Ini diusul sebelum 30 Desember 2005. Kemudian yang diusul setelah 30 Desember 2015 adalah 10 orang.

”Surat sudah kami terima. Nanti hari Kamis akan dilaksanakan sosialisasi dan pemberkasan sertifikasi guru 2016 yang dilaksanakan di dinas,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palopo, Yunus, S.Pd, MPd, kepada Palopo Pos, Senin 19 September 2016.

Di Kota Palopo, jumlah guru yang telah disertifikasi sebanyak 1.540 guru. ”Guru di Palopo optimis bisa lulus mencapai nilai kelulusan yang ditetapkan kemendikbud. Nilai kelulusan tahun ini memang naik. Dari 42 poin naik ke 80 poin,” tambah Yunus.

Nantinya, tambah sekretaris disdik Palopo, pihaknya akan mencetak Format A1 dari Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG). Selanjutnya, Format A1 diserahkan kepada semua peserta sertifikasi guru untuk dibawa oleh peserta dan diserahkan ke Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikat Guru tempat guru tersebut mengikuti PLPG.

Kemudian dinas pendidikan nantinya menyampaikan kepada semua peserta sertifikasi guru tahun 2016 untuk melihat informasi perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi guru pada laman sergur.kemendiknas.go.id.

”Jadi peserta sertifikasi guru wajib mempersiapkan diri sebelum mengikuti PLPG dengan mempelajari substansi materi sesuai dengan bidang studi yang akan disertifikasi,” imbuhnya. Materi tersebut telah disiapkan oleh Direktorat Jendral dan Tenaga Kependidikan dan dapat diunduh melalui laman http://sertifikasiguru.id.

Seperti diberitakan sebelumnya, kemendikbud memutuskan menaikkan nilai minimal atau passing grade kelulusan ujian PLPG. Tidak tanggung-tanggung kenaikan itu mencapai lipat dua. Nantinya, guru peserta PLPG akan dikarantina di kampus selama sepuluh hari.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan tahun lalu nilai minimal kelulusan PLPG tahun lalu 42 poin. “Sementara tahun ini kita putuskan naik menjadi 80 poin dari nilai maksimal 100 poin,” katanya.

Dengan meningkatkan nilai minimal kelulusan sertifikasi PLPG itu, diharapkan bisa diketahui perbedaan kualitas antara guru yang sudah sertifikasi dan belum. Menurut Pranata standar minimal kelulusan sebesar 42 poin bagi seorang guru, tentu terlalu rendah.

Menurut Pranata guru calon peserta sertifikasi tidak perlu resah atas kenaikan nilai kelulusan itu. Sebab kampus lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) telah melakukan sosialisasi. Dia menegaskan kebijakan ini tidak diputuskan mendadak, tetapi sudah dikaji selama satu tahun terakhir.

Salah seorang guru yang telah diusul setelah 30 Desember 2005 optimis bisa meraih nilai kelulusan yang dipatok mencapai 80 poin. ”Kita harus siapkan diri dari sekarang. Karena memang nilai kelulusan sudah naik,” ujar guru di salah satu SMP.

Hal senada juga dikemukakan guru di tingkat SMA. Mereka mulai belajar keras guna meraih poin tinggi. ”Sesuai yang diharapkan kemendikbud,”


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
silahkan baca berita terbaru guru DISINI
loading...

0 Response to "NILAI MINIMAL SERTIFIKASI GURU NAIK DRASTIS MENJADI 80, GURU HARUS BELAJAR KERAS KALAU MAU LULUS"

Posting Komentar