MENDIKBUD HEMAT ANGGARAN, MULAI SEKARANG UANG PENATARAN DAN PERJALANAN DINAS GURU DI HAPUS

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia...
mari simak informasi terbaru infokemendikbud.com berikut ini tentang perjalanan dinas guru yang di hapus kemendikbud karena pemangkasan anggaran....


Jakarta.Biaya perjalanan dinas di sektor pendidikan dipangkas. Muhadjir Effendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, dari total biaya perjalanan dinas sebesar Rp 7 triliun di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada APBN-P 2016, saat ini terpangkas Rp 3 triliun.

Salah satu pemangkasan terjadi pada biaya perjalanan dinas penataran guru. Ke depan, uang perjalanan dinas dan penataran guru dihapus.

"Penataran guru, itu semua guru yang ditatar itu diundang itu kan dapat SPJ, uang perjalanan dinas. Karena penatarannya kita hapus, otomatis uang perjalanan dinasnya bisa susut," katanya di Istana Negara Kamis (20/10)

Muhadjir mengatakan, selain perjalanan dinas, agar manfaat anggaran pendidikan di kementeriannya lebih efesien, pihaknya juga merampingkan beberapa subsektor di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Hasil perampingan itu, hematnya dari Rp 39 triliun anggaran bisa di atas Rp 5 triliun, berikut perjalanan dinas," katanya.

Muhadjir mengatakan, dana hasil penghematan yang dilakukan tersebut rencananya dialihkan untuk menunjang program prioritas pendidikan. Salah satuny, perbaikan dan pembenahan infrastruktur sekolah.

Rehabilitasi sekolah yang rusak berat, jelas Muhadjir, juga menjadi prioritas utama. Jumlahnya ada 152 ribu. Pada tahun 2017, ditargetkan akan direhabilitasi sebanyak 50 ribu yang masuk kategori rusak berat atau rusak fatal.

Targetnya, selama tiga tahun sudah terpenuhi perbaikan 150 ribu sekolah kategori rusak berat tersebut.
"Sementara yang rusak sedang dan rusak ringan sementara kita ikhlaskan, karena itu anggaran yang selama ini mecer-mecer misalnya untuk perbaikan kelas, perbaikan perpustakaan, yang sifatnya itu tambal sulam, itu kita hapus, kita kurangi drastis," kata mantan Rektor Univeristas Muhammadiyah Malang itu.

Penghematan ini kata dia, juga menjadi bahan laporan ke Presiden Joko Widodo. Selain masalah Kartu Indonesia Pintar, program vokasi, penataan kembali fungsi-fungsi organisasi di lingkungan pendidikan dan kebudayaan, dan rencana rehabilitasi sekolah-sekolah yang rusak.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan...
silahkan baca berita terbaru guru DISINI

loading...

1 Response to "MENDIKBUD HEMAT ANGGARAN, MULAI SEKARANG UANG PENATARAN DAN PERJALANAN DINAS GURU DI HAPUS"

  1. Anggaran yg perlu dihapus sebaiknya yg bersifat project oriented seperti UKG, K13 yg amburadul dan PLPG

    BalasHapus