SUBHANALLAH , INI ALASAN LUARBIASA 12 GURU PONPES INI TULUS IKHLAS MENGAJAR TANPA DI GAJI

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru infokemendikbud.com berikut ini tentang alasan luar biasa 12 guru ponpes ini yang mengajar tanpa di gaji....



Dijaman kehidupan yang serba materialistis ini ternyata masih ada guru-guru yang mau mengajar tanpa digaji. Contohnya saja, 12 orang guru di Pondok Pesantren Al Ihsaniah Desa Sungkai Baru Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar.

Di Ponpes Salafiyah yang berdiri semenjak tahun 1999 itu, mereka rela mengajar di ponpes itu tanpa digaji. Kalaupun ada uang mereka dapat hanya setahun sekali. Besarannya pun, hanya berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp400 ribu.

Salah seorang guru Ponpes Al Ihsaniah Madra’i membenarkan untuk mengajar santri mereka yang berjumlah 62 orang guru-guru yang berjumlah sebanyak 12 orang sama sekali mereka tidak digaji.

Kalaupun ada, hanya setahun sekali semacam insentif yang diberikan kepada mereka sebesar Rp250-350 ribu. Paling tinggi insentif kepala sekolahnya sebesar Rp400 ribu. 

Tetapi, walau tidak digaji mereka tetap mengajar. Untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup, guru-guru di ponpes itu bertani.

“Kami mengajar ini ikhlas saja karena ingin mengamalkan ilmu yang didapat selama di pesantren. Guru kami berpesan, kalau engkau menjadi guru jangan mengharapkan duit. Karena kalau mengharapkan duit maka engkau tidak dapat apa-apa duit tidak dapat pahala juga tidak dapat. Kalau ihlas saja, Insya Allah pintu rezeki ada saja dan pahala pun mengalir,” ujar Madra’i.

Tidak ikhlas berarti tidak ada ruhnya dalam suatu amalan. Karena, ikhlas merupakan ruh dan syarat diterimanya amal seorang guru. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat (menilai) bentuk tubuh serta kemolekan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keikhlasan yang bersemayam dalam lubuk hatimu." (HR Bukhari dan Muslim).

Ada beberapa ciri keikhlasan seorang guru. Pertama, guru berbuat baik bukan karena ingin dipuji, hendak cari nama, atau mendapatkan penghargaan. Dipuji, dihargai, atau bahkan dicaci, sama saja bagi seorang guru yang ikhlas. Yang penting ridha Allah SWT, itu sudah cukup. Guru ikhlas tak silau pujian dari manusia. Oleh karena itu, guru yang ikhlas tak bisa diperbudak penghargaan dalam bentuk perkataan, perhatian, pemberian fasilitas dan tanda jasa, dan lain sebagainya. Firman Allah SWT, "Dan, apa saja harta yang kamu nafkahkan maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan, janganlah kamu membelanjakan (harta) untuk tujuan selain mencari keridhaan Allah semata."


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
silahkan baca berita terbaru guru DISINI


loading...

0 Response to "SUBHANALLAH , INI ALASAN LUARBIASA 12 GURU PONPES INI TULUS IKHLAS MENGAJAR TANPA DI GAJI"

Posting Komentar