INILAH METODE PERMAINAN KATA YANG AKAN MEMBUAT KELAS MENJADI LEBIH SERU DAN KONDUSIF

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia...
mari simak informasi terbaru infokemendikbud.com berikut ini tentang metode terbaru dalam mengajar menggunakan permainan kata agar menjadikan suasana belajar menjadi kondusif...


Dunia anak-anak adalah bermain karena bermain merupakan satu kegiatan yang sangat disukai anak bahkan orang dewasa. Dengan bermain akan dapat menumbuhkan kreativitas. Bermain juga bisa sebagai media untuk mengeksplorasi keinginan dan cita-cita yang diidam-idamkan anak. Bermain dapat digunakan sebagai wahana untuk mentransfer ilmu pengetahuan. Bermain dapat menimbulkan semangat dan motivasi.

Dalam pembelajaran di Sekolah Dasar yang dihadapi guru adalah anak-anak dengan berbagai karakter dan keinginan yang selalu ingin bermain. Minat anak terhadap segala bentuk permainan sangat tinggi. Sebagai pengajar guru diharapkan dapat mengemas pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenanglan. Dengan bermain diharapkan pembelajaran yang berlangsung akan dapat menghasilkan proses yang berkualitas. 

Berikut akan dipaparkan dua buah permainan kata yang diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelasa empat. Permainnan ini dapat digunakan sebagai bahan apersepsi terutama untuk mengawali pembelajaran dengan tujuan dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Permainan ini dikembangkan untuk menerapkan linguistic dalam pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar. Permainan yang pertama sengaja dirancang untuk menerapkan semantik dan pengajaran kosa kata dalam pembelajaran menulis. Permainan kedua penerapan sintaksis dalam pembelajaran menulis

Membentuk Kata dari huruf yang sama

Sebelum melakukan permainan perlu dijelaskan dulu kepada anak seputar permainan yang akan dipraktikkan. Permainan ini dapat diberi nama Putaran Huruf karena huruf-huruf dalam satu kata akan diputar sehingga putaran huruf tersebut akan menghasilkan kata baru dengan susunan yang berbeda dan masing-masing kata itu mempunyai makna yang berbeda pula. Misalnya: murah, rumah, harum, dan umrah.
Cara melakukan permainan ini. Anak diminta untuk mencari satu kata yang bisa dibentuk menjadi kata baru. Anak diberi waktu sekitar sepuluh menit untuk menemukan kata yang dimaksud. Setelah anak menemukan kata yang dapat dibentuk menjadi kata lain, mereka lalu diberi kesempatan untuk mempresentasikan olahan huruf yang sudah ditemukan di depan teman-teman yang lain. Jika hal ini dilakukan di dalam kelas sebaiknya anak yang presentasi diminta untuk menuliskan kata bentukannya di papan tulis agar anak yang lain bisa tahu sehingga kemungkinan pemakaian kata yang sama dalam satu kelas tidak terjadi.

Dari permainan ini dapat dikembangkan menjadi berbagai model pembelajaran di kelas empat Sekolah Dasar.
2.1 Menyusun kata yang sudah dibentuk berdasarkan abjad (membuat kamus kecil)
Contoh :

Dari kata bentukan (duka, daku, kuda, dan aduk) jika diurutkan menjadi
aduk
daku
duka
kuda

Dari kata bentukan (rusak, kurus, rakus, sukar, dan kasur) jika diurutkan menjadi:
kasur
kurus
rakus
rusak
sukar

Mencari arti kata yang sudah dibentuk dalam kamus bahasa Indonesia
Contoh:
aduk : mencampur
daku : aku, saya, beta
duka : sedih, susah
kuda : binatang menyusui yang biasa dipelihara sebagai kendaraan atau penarik gerobak
kasur : alas untuk tidur biasanya terbuiat dari kapuk atau busa yang empuk
kurus : menghabiskan/ membersihkan kulah dari air dan kotoran
rakus : suka makan banyak/ ingin memperoleh sesuatu lebih banyak dari yang sudah didapat
rusak : sudah tidak sempurna lagi
sukar : susah/sulit

Menggunakan kata yang sudah dibentuk dalam kalimat yang runtut dan berhubungan
Contoh:
Sewaktu hari libur tiba daku pergi rekreasi ke kebun teh dengan menunggang kuda sangat kencang, sampai terjatuh sehingga hatiku berduka, setelah peristiwa itu perasaanku menjadi bercampur aduk.
Bersih-bersih adalah hobbyku, setelah mencuci baju kukuras kamar mandi, kujemur kasur di kamarku, kubuang barang-barang yang sudah rusak. Pekerjaan ini tidak begitu sukar bagiku, tetapi setelah semua selesai , aku sangat lapar sehingga aku makan begitu banyak seperti orang rakus.
Menyusun kalimat dari kata akhir
Pada permaianan kedua ini, anak diminta untuk berdiri berjajar. Satu anak yang berdiri paling ujung diminta untuk membuat kalimat. Dari kalimat yang sudah diucapkan secara lisan tersebut akan ditemukan kata akhir. Kata akhir tersebut lalu digunakan oleh anak berikutnya menjadi kata pertama untuk membuat kalimat baru.

Contoh :
Sapu disudut kelas itu berwarna biru
Biru adalah warna kesukaan ibuku
Ibuku membeli sayur bayam
Bayam mengandung zat besi yang diperlukan tubuh
Tubuh setiap hari perlu diberi makan
Makan bakso hobbyku nomor Satu
Satu kilo mangga kuhabiskan sendiri

Agar permainan ini semakin menarik, anak yang salah atau tidak bisa membuat kalimat diminta untuk menghibur teman-temannya dengan bernyanyi atau berjoget. Tindakan ini sebagai satu bentuk motivasi kepada siswa agar semua kreatif dalam belajar dan sportif dalam permainan.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan...
silahkan baca berita terbaru guru lainya DISINI
loading...

0 Response to "INILAH METODE PERMAINAN KATA YANG AKAN MEMBUAT KELAS MENJADI LEBIH SERU DAN KONDUSIF"

Posting Komentar