ALHAMDULILLAH, KEBIJAKAN UNTUK 5 HARI SEKOLAH TINGGAL MENUNGGU PERSETUJUAN PRESIDEN

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
mari simak informasi terbaru infokemendikbud.com berikut ini tentang kebijakan terbaru kemendikbud tinggal menunggu persetujuan presiden....



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, berencana memotong hari belajar siswa hanya sampai hari Jumat atau

lima hari dalam seminggu. Rencana itu sudah diajukan dan tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

"Untuk rencana itu sudah saya ajukan ke Presiden. Tinggal menunggu persetujuan presiden saja. Mudah-mudahan disetujui," kata Muhadjir (01/12/16).

Pemotongan hari belajar ini supaya para siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan karakternya. Namun, Muhadjir menegaskan untuk menempa karakter anak yang kuat, tidak cukup hanya mengandalkan sekolah. Belajar juga bisa dilakukan bersama keluarga dan masyarakat. 

"Sabtu dan Minggu silakan tamasya bersama keluarga dan belajar di sana. Belajar hanya di ruang kelas seperti pemikiran kebanyakan kita saat ini, adalah pikiran yang menyesatkan," terang Muhadjir.

Melibatkan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah jelas berdampak positif bagi perkembangan anak. Tidak hanya terasa saat tahun pertama anak sekolah tapi dampaknya akan berlanjut di jenjang berikutnya.

"Semangat mengerjakan PR dan tugas-tugas sekolah serta punya kepercayaan diri untuk terus belajar," kata Pendiri Parenting and Family Support Centre,

Universitas Queensland, Australia, Matthew R Sanders.

Bagi anak, dengan dilibatkannya orang tua membuat anak terhindar dari perilaku yang bermasalah, seperti bolos atau malas. Anak-anak juga akan memiliki keterampilan sosial, seperti rajin membantu, toleran dan kesetiakawanan yang tinggi.

Sedangkan bagi lembaga pendidikan dimana anak-anak itu bersekolah. Menurut Matthew, ketika prestasi anak meningkat, maka tingkat kelulusan di sekolah itu juga akan tinggi. Jumlah siswa yang melanjutkan ke jenjang berikutnya juga meningkat.

Sejumlah bentuk konkret keterlibatan anak di sekolah yang bisa dilakukan orang tua. Dia mencontohkan seperti orang tua berkomunikasi aktif dengan guru dan staf sekolah.

“Mengutip Joyce Epstein, Sanders menyebutkan seperti mempersiapkan anak sekolah (Menyiapkan seragam, sarapan, dan buku-buku),” kata Matthew.

Orang tua juga dapat menjadi sukarelawan, membantu kegiatan sekolah dan membimbing proses belajar anak di rumah. Serta, juga bisa berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di sekolah.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
silahkan baca berita terbaru guru lainya DISINI
loading...

0 Response to "ALHAMDULILLAH, KEBIJAKAN UNTUK 5 HARI SEKOLAH TINGGAL MENUNGGU PERSETUJUAN PRESIDEN"

Posting Komentar