EVALUASI GURU TETAP JAUH LEBIH BAIK DIBANDING UJIAN NASIONAL, SETUJUKAH?

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru infokemendikbud.com berikut ini tentang ujian nasional 2017...


Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan tetap dilakukan untuk tahun 2017 mengingat moratorium yang diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbd), Muhadjir Effendy ditolak oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Para siswa pun harus mempersiapkan diri untuk menghadapi UN tahun depan.

Pengamat Pendidikan, M Abduhzen menuturkan bahwa adanya UN tidak lebih baik dengan penilaian yang dilakukan oleh guru.

UN Bukan Tujuan, Melainkan Instrumen Ukuran Pendidikan
“Sekolah kerap meluluskan semua, tapi menurut saya itu jauh lebih baik ketimbang UN yang biasanya meluluskan siswa dengan penuh kecurangan,” ungkapnya saat dihubugi Okezone, belum lama ini.

Meskipun sudah ada indeks integritas yang bisa menjadi motivasi bagi sekolah untuk menghindari tindak kecurangan tersebut, namun hal itu justru menjadi tanda bahwa UN memberikan dampak negatif.

“Indeks integritas itu sendiri berada di luar tujuan. Adanya indeks integritas adalah bukti nyata bahwa UN itu bermasalahan pada kejujuran sekolah,” ujarnya.

“Kalau UN tetap dilaksanakan berarti pemerintah harus memastikan bahwa soal tidak bocor,” kata Fikri dalam rilisnya., Rabu (21/12/2016).

Anggota Fraksi -PKS itu mengingatkan, pelaksanaan UN yang terakhir, diwarnai pemberitaan bocornya soal. Bahkan, banyak oknum yang memperjualbelikan soal maupun jawaban UN lewat berbagai jalur.

“Termasuk yang ditengarai ada beberapa sekolah yang untuk soal tertentu dikerjakan oleh gurunya, karena memang materi pelajarannya belum diajarkan kepada siswa. Harus ada solusi,” ungkapnya.

Permasalahan lain yang harus dibenahi, lanjut Fikri adalah longgarnya pengawasan UN di beberapa daerah yang meninggalkan ruang kelas atau membiarkan peserta ujian menggunakan telepon seluler untuk bertukar jawaban UN.

“Khusus untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK), problematika kekurangan sarana komputer di sekolah yang menyelenggarakannya juga harus sudah diatasi,” dorong politisi asal dapil Jawa Tengah itu.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
silahkan baca berita terbaru guru lainya DISINI

loading...

0 Response to "EVALUASI GURU TETAP JAUH LEBIH BAIK DIBANDING UJIAN NASIONAL, SETUJUKAH?"

Posting Komentar