TAHAP-TAHAP BELAJAR SUPER EFEKTIF YANG SEBAIKNYA ANDA TERAPKAN PADA ANAK DAN MURID ANDA

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang Tips Belajar Super Efektif yang Sebaiknya Anda Lakukan.


Tak jarang kita menemukan beberapa anak yang mengalami kesulitan belajar. Dan biasanya, kesulitan belajar disebabkan oleh beberapa hal seperti rasa malas, kurang memahami materi pelajaran, atau bahkan kesalahan cara belajar.

Dan tentunya, kesulitan belajar yang dialami setiap anak berbeda-beda, karena setiap individu memiliki kemampuan yang berpeda-beda pula. Selama ini beberapa orang tua berusaha menemukan cara belajar yang efektif bagi si anak untuk mengatasi  kesulitan belajar yang dialami tersebut.
Cara Belajar Super Efektif

Beberapa diantaranya mungkin menemukan tips-tips tertentu yang berhasil mengatasi kesulitan belajar, namun sebagian orang mungkin gagal menemukan cara belajar yang efektif.
Untuk itu, bagi Anda yang ingin meningkatkan prestasi belajar, namun mengalami kesulitan belajar, Anda dapat melakukan beberapa tips belajar super efektif seperti berikut ini.

Ada 3 tahap yang perlu Anda dilakukan agar dapat belajar secara efektif, yaitu tahap sebelum belajar, saat belajar, dan setelah belajar.

1. Tahap Sebelum Belajar
Agar waktu belajar Anda efektif, maka sebelum belajar Anda perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Jauhkan dari alat-alat elektronik, seperti handphone. 
Tips belajar yang pertama adalah jauhkan handphone. Ketika di dekat tempat belajar Anda terdapat handphone, secara otomatis konsentrasi Anda akan terpecah, sehingga sulit untuk berfokus pada materi belajar.

b. Lakukan jalan-jalan
Sebelum mulai belajar, alangkah baiknya lakukan jalan-jalan beberapa saat untuk melancarkan peredaran darah. Ketika peredaran darah Anda lancar, maka Anda akan rileks dan tenang untuk memulai belajar.

c. Siapkan air putih
Siapkan sebotol air minum agar Anda tidak dehidrasi ketika sedang belajar. Disela-sela waktu belajar Anda, jangan lupa sesekali minum air putih. Selain mengatasi rasa haus, dengan meminum air putih pikiran akan sedikit fresh lagi.

d. Siapkan cemilan
Menyiapkan cemilan, bukan berarti sepanjang waktu belajar, Anda harus makan terus menerus. Gunanya cemilan adalah ketika Anda mulai lapar dan lelah, beristirahatlah beberapa saat untuk ngemil dan kemudian lanjutkan belajar.

e. Siapkan ruang belajar
Usahakan jangan belajar di tempat tidur. Ketika Anda belajar di tempat tidur, apalagi belajar sambil tiduran maka akan mengondisikan tubuh cepat lelah dan ngantuk. Oleh sebab itu, carilah ruang belajar yang nyaman untuk belajar, misalnya di ruangan yang terang, ada sirkulasi udaranya, dan usahakan ketika belajar Anda duduk dengan tegak (bukan tiduran).

2. Tahap Saat Belajar
Cara belajar tahap kedua adalah saat belajar. Saat belajar yang perlu Anda lakukan:

a. Jangan membaca materi pelajaran seperti membaca novel
Artinya, ketika Anda membaca buku pelajaran, jangan membaca semua dari awal hingga akhir. Bacalah bab-bab yang sesuai dengan materi yang Anda butuhkan.

b. Baca sekilas
Jika Anda membaca semua tulisan dalam satu buku, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lama. Tips belajar yang efekif adalah membaca sekilas atau membaca rangkuman.

(1) Ambillah kertas
Setelah Anda membaca, dan memahami inti dari materi tersebut, maka ambilah kertas dan buatlah mind map. Tujuannya, meringkas materi dari setiap bab materi pelajaran, sehingga memudahkan untuk memahami materi. Buatlah mind map semenarik mungkin dengan gambar dan warna yang Anda sukai, sehingga akan menarik minat Anda untuk membaca ulang.

(2) Dengarkan Musik
Jika Anda tipe orang yang tidak terganggu dengan suara musik ketika belajar, maka Anda dapat memutar lagu kesayangan Anda selama belajar. Musik dapat mengatasi rasa bosan, penat, dan merilekskan pikiran ketika belajar.

3. Tahap Setelah Belajar
Tips belajar super efektif yang ketiga adalah tahap setelah belajar. Setelah Anda selesai belajar, jangan lupa untuk berdoa dan selalu berpikir positif, bahwa tidak ada belajar yang sia-sia.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.infokemendikbud.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "TAHAP-TAHAP BELAJAR SUPER EFEKTIF YANG SEBAIKNYA ANDA TERAPKAN PADA ANAK DAN MURID ANDA"

Posting Komentar