FUNGSI-FUNGSI POTENSIAL OTAK DAN BAGIAN YANG PALING PENTING UNTUK DI KETAHUI

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang fungsi-fungsi potensial otak dan bagian yang paling penting untuk di ketahui.


fungsi-fungsi potensial otak dan bagian yang paling penting untuk di ketahui, Anda mungkin pernah mendengar atau membaca tulisan tentang otak bahwa otak kita terbagi menjadi dua belahan yang simetris yang disebut otak kiri dan otak kanan. Otak kiri dikenal sebagai otak berpikir karena sebagian besar bertanggung jawab untuk aspek-aspek logis dan rasional dari pikiran rasional dan analitis seseorang termasuk juga untuk keterampilan berbahasa. Otak kanan dikenal sebagai otak kreatif dan emosional karena bertanggung jawab untuk ide-ide jenius dan wawasan yang tak terduga.

Tulisan ini tidak akan membahas otak kiri atau otak kanan sebagaimana diungkap sedikit di awal tulisan atas, tetapi akan menyajikan informasi yang lebih mendalam tentang bagian-bagian dari kedua sisi otak kiri dan otak kanan tersebut.


Kita akan membahas empat sektor otak yang dikenal dengan lobus otak, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, dan terdapat pada kedua belah otak kiri dan otak kanan. Sumber bacaan yang digunakan dalam tulisan adalah buku The Secrets Of Human Brains, yang ditulis oleh Ross Coleman dan diterbitkan oleh NewInTech LLC tahun 2013.

Menurut Ross Coleman, otak kita terbagi menjadi dua belahan yang simetris — yang disebut otak kiri dan otak kanan. Masing-masing belahan terdiri dari empat sektor yang dikenal dengan lobus otak, yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Keempat lobus tersebut adalah: lobus frontal (frontal lobe), lobus perietal (perietal lobe), lobus oksipital (occipital lobe), dan lobus temporal (temporal lobe).

Fungsi Masing-masing Bagian Lobus

Lobus frontal bertanggung jawab untuk penalaran, perencanaan, berbicara, gerakan, emosi, pemecahan masalah, dan indera penciuman. Lobus frontal juga bertanggung jawab atas keterampilan sosial dan moralitas kita.

Jika lobus frontal mengalami kerusakan, orangnya akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi menjadi asosial, atau terlibat dalam aktivitas berisiko tinggi.

Lobus parietal merupakan bagian tengah otak dan bertanggung jawab atas bagaimana kita merasakan rangsangan yang berbeda seperti sentuhan, tekanan, suhu, dan rasa sakit. Kerusakan otak di bagian ini dari dapat menimbulkan masalah dengan memori verbal dan bahasa bagi pemiliknya.

Lobus oksipital adalah lobus terkecil terletak di bagian paling belakang otak. Hal ini terkait dengan mengamati dan menafsirkan informasi visual. Bagian otak tersebut cukup jauh dari mata ke belakang kepala di mana kita benar-benar memproses informasi visual. Kerusakan di daerah ini dapat menyebabkan masalah visual yang berbeda seperti kesulitan mengenali bentuk dan warna.

Lobus temporal terletak di bagian bawah otak. Bagian otak ini bertanggung jawab untuk bagaimana kita merasakan dan mengenali interpretasi rangsangan pendengaran dan bahasa yang kita dengar. Satu bagian dari lobus otak ini disebut hippocampus yang berhubungan dengan belajar dan emosi. Kerusakan pada lobus temporal dapat menyebabkan masalah dengan pengenalan suara dan kemampuan bahasa.

Masalah memori dapat terjadi jika kedua sisi hippocampus rusak. Namun, jika hanya satu sisi dari hippocampus yang rusak, fungsi memori akan tetap mendekati normal. Penuaan dapat mengakibatkan hilangnya koneksi saraf ke bagian otak ini, sehingga itulah mengapa beberapa orang yang berusia di atas 80 tahun memiliki penurunan yang signifikan dalam kinerja memori mereka.

Bagian Otak Lain

Kadang-kadang otak diperbandingkan dengan kenari, kadang-kadang juga diperbandingkan dengan brokoli karena kesamaan visual. Jika Anda membayangkan otak sebagai brokoli, maka Anda harus tahu bahwa otak juga memiliki batang. Namanya adalah batang otak dan terdiri dari otak belakang dan otak tengah.

Otak belakang merupakan penghubung antara sumsum tulang belakang dengan sisa otak. Otak ini bertanggung jawab untuk banyak fungsi tubuh yang tampaknya terjadi secara alami, misalnya: pernapasan, tekanan darah dan denyut jantung, juga perhatian dan tidur. Otak belakang juga memungkinkan kita mengkoordinasikan gerakan pada setiap sisi tubuh kita.

Otak tengah berada hampir tepat di pusat otak. Tepatnya di atas tulang belakang. Otak tengah membantu untuk memproses informasi visual dan informasi auditorial dan menghasilkan dopamin, senyawa kimia yang membuat kita merasa begitu baik.

Bagian otak kecil lain di atas batang otak adalah talamus yang memproses gerakan dan informasi sensorik, basal ganglia yang mengelilingi talamus dan membantu mengontrol gerakan, hipotalamus yang mengontrol hormon, haus dan lapar, suhu tubuh, serta emosi.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.infokemendikbud.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "FUNGSI-FUNGSI POTENSIAL OTAK DAN BAGIAN YANG PALING PENTING UNTUK DI KETAHUI"

Posting Komentar