INFORMASI TERBARU DASAR HUKUM PERLINDUNGAN BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TELAH TERBIT

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat siang dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang Dasar Hukum Perlindungan Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Telah Terbit.


Maraknya kriminalisasi yang terjadi terhadap guru nampak salah satu hal yang mendasari Permendikbud no 10 tahun 2017 ini lahir.
Perlindungan merupakan upaya melindungi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menghadapi permasalahan terkait pelaksanaan tugas.

(2) Perlindungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi perlindungan:
a. hukum;
b. profesi;
c. keselamatan dan kesehatan kerja; dan/atau
d. hak atas kekayaan intelektual.

Perlindungan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a mencakup perlindungan terhadap:
a. tindak kekerasan;
b. ancaman;
c. perlakuan diskriminatif;
d. intimidasi; dan/atau perlakuan tidak adil, dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, Masyarakat, birokrasi, dan/atau pihak lain yang terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Perlindungan profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b mencakup perlindungan terhadap:
a. pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b. pemberian imbalan yang tidak wajar;
c. pembatasan dalam menyampaikan pandangan;
d. pelecehan terhadap profesi; dan/atau
e. pembatasan atau pelarangan lain yang dapat menghambat Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan tugas.

Jelas disini guru dilindungi dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Tugas guru bukan hanya sekedar mengajar juga bertugas membentuk karakter siswa dengan melakukan tindakan kedipsilinan disekolah berdasarkan peraturan sekolah yang notabene disepakati oleh pihak sekolah dan orangtua/wali murid ketika memasukkan anaknya ke sekolah tersebut.

Kita sepakat bahwa Hukum harus ditegakkan karena penegakkan hukum bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dalam hidup bermasyarakat, namun tidak semua "masalah" yang harus diselesaikan lewat institusi yang bernama hukum.Apalagi pasal-pasal yang di kenakan adalah "pasal karet" yang perlu ditelaah kembali karena diadopsi dari Wetboek van Strafcheht atau KUHP dari jaman Belanda, apalagi berkaitan erat dengan tindak pendisiplinan di sekolah. 


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.infokemendikbud.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

loading...

0 Response to "INFORMASI TERBARU DASAR HUKUM PERLINDUNGAN BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TELAH TERBIT"

Posting Komentar