INILAH 5 CARA PALING TEPAT MEMBATASI ATAU MEMBUAT ANAK TIDAK SUKA NONTON TV

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang 5 cara paling tepat membatasi atau membuat anak tidak suka Nonton TV.


Bagaima cara membatasi atau supaya anak tidak suka nonton TV ?”

Begitulah kira-kira pertanyaanya, Jawabanya sih gampang-gampang aja, ya udah gak usah ada di TV di rumah, anak juga gak bakalan nonton TV. Tapi kan kita masih butuh informasi berita dan nanti anak kita malah nonton di rumah tetangga. Terus g’mana dong.

Beriku 5 Tips sederhana berdasarkan pengalaman saya :

1. Orang tuanya jangan sering nonton TV (Mendidik dengan Keteladanan), Pada dasarnya anak meniru kebiasaan orang tuanya di rumah, orang tualah yang pertama kali mengenalkan TV pada anak, orang tua yang menyuguhkan anak-anak untuk menonton TV, karena dianggap sebagai solusi agar tidak menganggu orang tuanya atau sebagai obat agar tidak rewel.

Orang tua jugalah yang mengenalkan chanel-chanel tertentu dan bagaimana mengoperasikan TV-nya. Oleh sebab itu mulailah dari orang tua agar tidak sering menonton TV, apalagi nonton acara Gosip dan Sinetron, jangan menyesal kemudian anak-anak kita meniru gaya yang ada di TV karena kita sendiri yang menyuguhkannya.

2. Buat Jadwal atau kebiasaan menonton TV. Jika menghilangkan TV tidak bisa, karena kita masih butuh informasi, maka cara lain yang bisa digunakan adalah menonton TV berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan. Contoh apa yang saya lakukan adalah Menonton TV hanya pada malam hari saja, yaitu pada pukul 20.00 samapai dengan pukul 21.00, itupun tidak setiap malam. malam-malam tertentu saja yang di TV ada acara yang menarik, terutama adalah berita. 

Alhamdulilah sejak adanyanya Radio Da’wah dan Fasilitas Internet, sejak 5 Tahun ini saya tidak pernah menonton sinetron atau acara gosip dan acara-acara tidak bermanfaat lainnya. Buat jadwal juga buat anak, misalkan menonton TV hanya pada pukul 16.00-17.00 itupun tidak tiap hari dan anak hanya boleh menonton Film Kartun.

3. Jadilah orang tua yang Kreatif :Solusi mendiamkan anak ketika menangis dengan menghadirkan TV kepada anak-anak, bukti bahwa kita bukan orang tua yang kreatif. Jadilah orang tua yang kreatif yang bisa mengalihkan anak-anak untuk menonton TV, buatlah aktivitas yang menarik untuk anak-anak kita agar mereka terhidar rayuan menonton televisi.

 misalkan dengan membuat karya sederhana, melihat dan membaca gambar di buku, orang tua juga bisa bermain peran yang lucu buat anak-anaknya, dan juga buat aktivitas rutin setiap sore, misalkan jam 16.00-17.00 bermain di halaman rumah bersama teman-temannya dan orang tuanya. Jam 17.00-18.00, mandi dan makan sore. Jam 18.00-20.00 Sholat dan mengaji di TPA dan berbagai kreativitas lain yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak terbiasa menonton TV.

4. letakan TV di tempat yang paling tidak nyaman : Kebanyakan diantara kita menempatkan TV ditempat yang paling nyaman, misalkan diruang tamu atau diruang kamar tidur atau ruang keluarga. Nah, jika anda ingin keluarga anda tidak sering nonton TV, maka ini cara terbaik yang bisa anda lakukan tempatkan TV di tempat yang paling tidak nyaman, ingat paling tidak nyaman, tempat tersebut sumpek dan juga panas, silakan anda cari sendiri dimana letak itu dirumah anda.

5. Jangan Jernihkan TV atau pake antena dalam : Yang membuat kita nyaman menonton TV dan juga anak-anak betah menikmatinya bisa jadi karena gambar TV nya bagus dan jernih dan kalau orang tua serius mau mendidik anak agar tidak suka nonton TV, maka gampang sekali, pake antena dalam saja. Gambarnya kan gak bagus dan banyak semuntnya, di jamin gak bakalan betah lama-lama nonton TV dan akhirnya ini jadi kebiasaan keluarga, bahwa menonton tv bukanlah kebutuhan. Namun jika anda tetap ingin menonton TV yang jernih, yah berlangganan TV saja dan tentukan salurannya hanya edukasi dan berita.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.infokemendikbud.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "INILAH 5 CARA PALING TEPAT MEMBATASI ATAU MEMBUAT ANAK TIDAK SUKA NONTON TV"

Posting Komentar