MENDIKBUD SEBUTKAN JUMLAH DAERAH YANG TERAPKAN 5 HARI SEKOLAH

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang mendikbud sebutkan jumlah daerah yang terapkan 5 hari sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menegaskan bahwa program lima hari sekolah diperkirakan akan dilaksanakan secara bertahap di tiap daerah Indonesia.

"Karena menyesuaikan sarana prasarana yang dimiliki daerah. Namun, saat ini sudah ada 11 kota dan kabupaten yang telah menerapkan hal ini. Di Jatim baru Kota Malang dan Kota Blitar yang komitmen dengan 5 hari kerja ini. Kalau Surabaya saya belum berdialog dengan wali kotanya,” papar Muhajir.

Ia menerangkan hal itu saat menghadiri Penyegaran Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Minggu (9/7/2017).

Namun​, mantan Rektor UM Malang ini mengungkapkan bahwa dirinya masih menyesuai dengan kondisi kesiapan dan kemampuan di masing-masing daerahnya.

"Perkembangan 5 hari kerja untuk guru masih disiapkan sambil menunggu perpres turun. Mudah-mudahan cepatlah kelanjutannya,” ungkap Mendikbud Muhajir Efendi.

Ia menjelaskan bahwa saat ini kementrian yang dipimpinnya masih mempersiapan hal tersebut mulai dari penataran, sosialisasi juga termasuk kelompok kerja yang dikirimkan di tiap daerah untuk membantu pelaksanaan aturan ini.

Dalam pelaksanaan program besutannya yang sempat diatur dalam permendikbud nomor 23 tahun 2017 dan disusun menjadi peraturan presiden itu. Muhadjir mengungkapkan bahwa yang kini sedang digencarkan adalah melalui kegiatan yang telah dilakukan di sekolah daerah yang dituju.

"Melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Nantinya, penerapan itu akan sangat bervariasi di tiap daerah dan sekolah," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Bambang Agus Susetyo menambahkan bahwa pihaknya akan bertugas melakukan sosialisasi PP 19 tahun 2017 tentang guru dan Permen 23 tahun 2017.

“Kami harus menyampaikan terkait kejelasan 2 aturan tersebut. Bukannya pendidikan agama ditiadakan atau dilaksanakan full day school bukan seperti itu,” tegasnya.

Ia menambahkan, sosialisasi juga akan dilakukan di Pacitan pekan depan, di sela launcing pembukaan bimtek guru sastra. Sehingga guru bisa memaknai 8 jam mengajar.

"Jadi pengajaran bukan hanya dikelas, tetapi juga pendidikan karakter diluar kelas atau bisa kolaborasi dengan madrasah diniah," tandasnya.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.infokemendikbud.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "MENDIKBUD SEBUTKAN JUMLAH DAERAH YANG TERAPKAN 5 HARI SEKOLAH"

Posting Komentar