TANYA JAWAB TERBARU SEPUTAR PERMASALAHAN DAN PEMBEKALAN PLPG 2017

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang Tanya Jawab terbaru Seputar Pembekalan PLPG 2017.



Bagi rekan-rekan guru calon peserta PLPG 2017, barangkali masih ada yang belum paham mengenai pembekalan PLPG 2017 dan apa saja permasalahan dalam pembekalan tersebut. Nah silakan disimak semoga menjadi lebih paham. 

Ada apa di PLPG 2017?

Pada dasarnya PLPG 2017 sama dengan PLPG 2016, hanya saja ada tambahan kegiatan PEMBEKALAN MATERI secara daring (online)

Untuk apa pembekalan materi?

Selama ini dirasakan peserta tidak siap ketika hadir di lokasi PLPG, yang berakibat rendahnya tingkat kelulusan UTN/UKG. Untuk itu, peserta PLPG harus belajar materi PLPG lebih awal sehingga pada
saat hadir PLPG peserta sudah lebih siap untuk mengikuti pembelajaran.

Pembekalan PLPG 2017

Kapan pelaksanaan pembekalan PLPG?

Pembekalan materi dilaksanakan selama ± 2 bulan sebelum pelaksanaan PLPG. Tergantung masing-masing LPTK sergur. Sebagian LPTK sudah memulai di bulan Juli ini

Dari mana materinya?

Pada dasarnya disediakan di http://sertifikasiguru.id. Tapi peserta harus mendaftar lebih dulu dan mengunduh file materi dan latihan per bab. Tapi untuk mudahnya, kami sudah mengumpulkan file materi dan latihan, dan sudah diletakkan di drive http://tinyurl.com/materi-plpg-um-2017. Silahkan mengunduh tanpa ada registrasi apapun.


Apa yang ada di tinyurl.com/materi-plpg-um-2017 ?

Di situ sudah disediakan sejumlah folder sesuai mapelnya. Pada setiap folder disediakan satu file materi pedagogik, satu file materi bidang studi, dan satu folder yang berisi soal latihan uraian (tetapi tidak semua materi memiliki soal latihan, karena dari sertifikasiguru.id memang tidak tersedia)

Yang dilakukan dalam pembekalan

Apa yang peserta lakukan?

Unduhlah file materi itu, lalu pelajarilah. Tidak hanya dibaca, tapi buatlah juga ringkasan, carilah apa yang belum bapak/ibu pahami, apa yang tidak ditemukan di materi, dan apa yang seharusnya dihilangkan dari materi itu. Juga kerjakanlah latihan soal uraian yang disediakan

Lalu diapakan ringkasan itu?

Peserta harus melaporkan kemajuan belajarnya ke website http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan secara berkala. Laporan ini akan menjadi bagian dari penilaian PLPG secara keseluruhan, dan harus dipresentasikan saat hadir dalam PLPG nantinya

Apakah guru belajar sendiri?

Tidak, nanti akan ada mentor (pendamping) yang akan memberikan tanggapan dan penilaian atas laporan, serta memfasilitasi diskusi tentang materi yang dipelajari.

Bolehkah bertemu dengan peserta lain?

Ya silahkan saja. Sistem aplikasi ini mewadahi kelas virtual (bayangan) antara peserta dan mentor, jadi tanpa tatap muka secara fisik juga bisa sebenarnya. Apalagi dalam 1 kelas pesertanya dari berbagai kota.

Website Pembekalan

Semua kegiatan pembekalan difasilitasi melalui website yang dikembangkan oleh Ditjen GTK Kemdikbud dengan alamat http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan, seperti ini: 

Masuk ke website itu dengan apa?

Isikan nomor peserta dan sandi (password) masing-masing. Password sudah diberikan melalui Dinas Pendidikan, jadi kalau tidak tahu apa passwordnya, silahkan ditanyakan ke sana.

Lalu?

LPTK sudah memetakan seorang peserta ada di kelas yang mana, dengan peserta lain siapa saja, dan dibimbing oleh mentor siapa. Mentor akan menetapkan jadwal pelaporan (ada 4 kali laporan), dan materi apa yang harus dipelari dan dibuat laporannya per kegiatan pelaporan.

Peserta bisa berdiskusi melalui dengan peserta lain dalam kelas itu dan dengan mentor melalui forum diskusi di website itu. Semua kegiatan pelaporan oleh peserta dan penilaian oleh mentor harus melalui website ini agar skor pelaporan bisa dikenali oleh sistem.

Bentuk laporan

File laporan diapakan?

Belajarlah sesuai jadwal pelaporan, buatlah file kemajuannya sesuai dengan format yang ditentukan, lalu unggahlah (upload) file ke sistem. Unggahlah ke pembagian laporan yang sesuai, jangan laporan 1 dimasukkan ke jadwal laporan 2, dan sejenisnya. Ukuran file paling besar 1 MB.

Boleh ditulis tangan?

Jangan! harap diketik di MS Word, untuk menghindari salah interpretasi tulisan, apalagi kalau tulisannya tidak jelas dan hasil scan-nya jelek

Kalau salah upload bagaimana?

Segera hapus file yang diunggah (tekan tombol X merah di sisi kanan nama file yang diunggah) lalu unggah lagi file yang benar. Penghapusan hanya bisa dilakukan selama file belum dinilai mentor (bila dihapus, ada pesan bahwa penilaian sudah dilakukan).

Bagaimana bila copy-paste?

Kami rasa mentor juga tahu mana yang hasil copy-paste dan mana yang bukan. Jadi bila nanti mentor memberi skor jelek karena indikasi plagiasi, harap maklum saja. Pada saat peserta hadir di lokasi PLPG, peserta harus mempresentasikan laporannya secara lengkap di hadapan instruktur dan peserta. Pasti akan tampak siapa yang memang menguasai materi dan siapa yang tidak (walaupun katakanlah mendapat laporan yang diupload sangat bagus)

Akun peserta

Bagaimana seandainya saya lupa passwordnya?

Harap lapor ke Dinas Pendidikan atau LPMP karena mereka sudah memiliki akun di sistem ini dan bisa melakukan reset password.

Lain-lain :

Bagaimana bila saya harus melahirkan atau naik haji?

Jadwal keikutsertaan dalam tahapan/periode PLPG bisa diatur lebih awal atau akhir. Tetapi pembekalan materi ini hanya berlangsung sekali dalam periode yang ditetapkan. Jadi usahakan bapak/ibu bisa mengikutinya agar skor pembekalan tidak kosong. Ketika peserta hadir di lokasi maka semua skor yang berkaitan dengan pembekalan online harus sudah lengkap karena akan menjadi bagian dari penentuan kelulusan PLPG.

Di mana saya harus mengerjakan?

Silahkan saja di manapun asal tersedia koneksi internet dan perangkatnya memungkinkan. Bapak/ibu juga tidak harus online 24 jam, seperlunya saja ketika memanfaatkan forum diskusi, atau mengunggah laporan.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.infokemendikbud.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "TANYA JAWAB TERBARU SEPUTAR PERMASALAHAN DAN PEMBEKALAN PLPG 2017"

Posting Komentar