MULAI 2017 – 2021, GURU PNS PENSIUN MENCAPAI 295 RIBU ORANG LEBIH. ALHAMDULILLAH PEMERINTAH SUDAH MENEMUKAN SOLUSINYA

loading...
loading...
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang Krisis Guru PNS di Depan Mata, Begini Solusinya.


JAKARTA - Dalam kurun 2017 – 2021, guru PNS yang pensiun mencapai 295 ribu orang lebih.

Dengan kondisi ini, krisis jumlah guru PNS sudah di depan mata. Beragam cara untuk mengantisipasinya sudah disiapkan pemerintah.

Diantaranya adalah menghidupkan kembali jurusan mayor dan minor untuk mahasiswa keguruan. Sehingga kelak mereka bisa mengajar dua mata pelajaran (mapel).

Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan ada beberapa skenario mengatasi kuranganya guru. Diantaranya untuk jenjang SMK, dilaksanakan program guru keahlian ganda.

Dengan demikian guru yang sebelumnya mengajar matematika, misalnya, bisa menjadi guru produktif dengan mengampu mata pelajaran komputer atau sejenisnya.

Selain itu Muhadjir menuturkan cara lain yang sedang dikaji adalah menghidupkan kembali sistem kuliah jurusan mayor dan minor untuk mahasiswa keguruan. Dengan cara ini, sarjana keguruan siap untuk mengajar dua mata pelajaran sekaligus.

’’Multi subjek thinking saya berharap bisa diterapkan,’’ jelasnya

Supaya ketika ada kekurangan guru, bisa diambil dari guru yang ada. Tidak kaku seperti sekarang ini.

Guru besar pendidikan dan mantan rektor UNY Rochmat Wahab menuturkan tidak jadi persoalan sistem kuliah jurusan mayor dan minor mahasiswa keguruan dihidupkan lagi.

Asalkan tidak diterapkan di tengah jalan. Idealnya ketika awal masuk, calon mahsiswa sudah menentukan jurusan mayor dan minor apa yang dia pilih.

Selain itu Rochmat berharap dobel pilihan jurusan itu tidak menyimpang jauh. Misalnya mahasiswa keguruan bahasa Inggris memilih jurusan minor bahasa Perancis.

Atau mahasiswa jurusan PPKn memilih jurusan minor sosiologi. ’’Jangan misalnya jurusan mayornya bahasa Indonesia, kemudian minornya matematika. Menyimpang jauh,’’ katanya.

Rochmat berharap pemerintah melakukan kajian dan pemetaan dahulu guru di mata pelajaran apa yang kurang.

LANJUT BACA HALAMAN 2, DISINI
loading...

0 Response to "MULAI 2017 – 2021, GURU PNS PENSIUN MENCAPAI 295 RIBU ORANG LEBIH. ALHAMDULILLAH PEMERINTAH SUDAH MENEMUKAN SOLUSINYA"

Posting Komentar